PROGRAM PENGEMBANGAN DAN MUATAN
PEMBELAJARAN KURIKULUM
TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL
CEPORAN
PROGRAM
PENGEMBANGAN
|
KOMPETENSI
YANG DICAPAI
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
||||||||||
Nilai
Agama dan Moral
|
1.1
Mempercayai adanya Tuhan
Melalui
Ciptaannya
|
|
||||||||||
1.2
Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa
syukur kepada Tuhan
|
|
|||||||||||
2.13
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur
|
Terbiasa berbicara sesuai fakta, tidak curang
dalam perkataan dan perbuatan, tidak berbohong, meng-hargai kepemilikan orang
lain, mengembalikan benda yang bukan haknya, mengerti batasan yang boleh dan
tidak boleh dilakukan, terus terang, anak senang melakukan sesuatu sesuai
aturan atau kesepakatan, dan mengakui kelebihan diri atau temannya
|
|||||||||||
3.1
Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari
4.1.
Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa
|
Doa-doa
(doa sebelum dan sesudah belajar, doa sebelum dan sesudah makan, doa sebelum
dan bangun tidur, doa untuk kedua orang tua), mengenal hari-hari besar agama,
hari-hari besar agama, cara ibadah sesuai hari besar agama, tempat ibadah,
tokoh keagamaan.
|
|||||||||||
3.2
Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia
4.2.
Menunjukkan periaku santun sebagai cerminan
akhlak
mulia
|
Perilaku
baik dan santun disesuaikan dengan agama dan adat setempat; misalnya tata
cara berbicara secara santun, cara berjalan melewati orang tua, cara meminta
bantuan, cara
|
|||||||||||
Fisik
Motorik
|
2.1
Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat
|
Kebiasaan anak makan makanan bergizi seimbang,
kebiasaan merawat diri misalnya; mencuci tangan, menggosok gigi, mandi,
berpakaian bersih,menjaga kebersihan lingkungan misalnya; kebersihan tempat
belajar dan lingkungan, menjaga kebersihan alat main dan milik pribadi.
|
||||||||||
3.3 Mengenal anggota tubuh,
fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus
4.3Menggunakan anggota tubuh
untuk pengembangan motorik kasar dan halus
|
Nama
anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan agar anggota
tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih motorik kasar dalam
kelenturan, kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan, kelenturan,
koordinasi tubuh.
Kegiatan
untuk latihan motorik kasar antara lain merangkak, berjalan, berlari,
merayap, berjinjit, melompat, meloncat, memanjat, bergelantungan, menendang,
berguling dengan menggunakan gerakan secara terkontrol, seimbang dan lincah
dalam menirukan berbagai gerakan yang teratur (misal: menirukan gerakan
benda, senam, tarian, permainan tradisional, dll).
Keterampilan
motorik halus untuk melatih koordinasi mata dan tangan, kelenturan
pergelangan tangan, kekuatan dan kelenturan jari-jari tangan, melalui
kegiatan antara lain; meremas, menjumput, meronce, menggunting, menjahit,
mengancingkan baju, menali sepatu, menggambar, menempel, makan, dll
Permainan motorik kasar atau halus dengan aturan.
|
|||||||||||
4,3Mengetahui
cara hidup sehat
4.4
Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
|
Cara
merawat kebersihan diri (misal:
|
|||||||||||
Kognitif
|
|
|
||||||||||
|
4.5
Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
|
Cara
mengenali masalah,
Cara
mengetahui penyebab masalah,
Cara
mengatasi masalah,
Menyelesaikan
kegiatan dengan berbagai
cara
untuk mengatasi masalah.
|
||||||||||
3.6
Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat,
suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)
4.6
Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya
(nama, warna,
bentuk,
ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui
berbagai hasil karya
|
bentuk
dua dimensi (persegi, segi tiga, bulat, segi panjang),
bentuk
tiga dimensi (kubus, balok, limas, tabung), ukuran (panjang-pendek,
besar-kecil,
berat-ringan, sebentar-lama), bilangan (satuan, puluhan),
tekstur
(kasar-halus, keras-lunak),
suara
(cepat-lambat, keras-halus, tinggi-rendah),
pengelompokkan
(berdasarkan warna,
|
|||||||||||
3.7
Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,
budaya, transportasi)
4.7
Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial
(keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) dalam
bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh
|
Keluarga
(hubungan dalam keluarga, peran, kebiasaan, garis keturunan, dst),
teman
(nama, ciri-ciri, kesukaan, tempat tinggal dst),
|
|||||||||||
3.8Mengenal
lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll)
4.8
Menyajikan berbagai karya yang berhubungan
dengan
lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) dalam
bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh
|
Hewan
, misalnya; jenis (nama, cirri-ciri, bentuk),
|
|||||||||||
3.9
Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain,
peralatan pertukangan, dll)
4.9
Menggunakan teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
(peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
|
Nama
benda,
bagian-bagian
benda,
fungsi,
|
|||||||||||
Sosial
emosional
|
2.5
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
|
Cara
memberi salam pada guru atau teman,
Cara
untuk berani tampil di depan teman, guru, orang tua dan lingkungan sosial
lainnya,
Ara
menyampaikan keinginan dengan santun.
|
||||||||||
2.6
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk
melatih kedisiplinan
2.7
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau
mendengar ketika orang lain berbicara) untuk
melatih
kedisiplinan
|
Aturan
bermain,
Aturan
di satuan PAUD
Cara
mengatur diri sendiri misalnya membuat jadwal atau garis waktu
Cara
mengatur diri sendiri misalnya membuat jadwal atau garis waktu
Cara
mengingatkan teman bila bertindak tidak sesuai aturan
Cara
menahan diri saat marah,
Ciri
diri dan orang lain
Cara
antri
Cara
menyelesaikan gagasannya hingga tuntas,
|
|||||||||||
2.8
Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian
2.9
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika
diminta bantuannya
|
Pemahaman
tentang mandiri,
Perilaku
mandiri,
Cara
merencanakan, memilih, memiliki inisiatif untuk belajar atau melakukan
sesuatu tanpa harus dibantu atau dengan bantuan seperlunya
|
|||||||||||
2.10
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama
|
Perilaku
anak yang menerima perbedaan teman dengan dirinya,
Cara
menghargai karya teman,
Cara
menghargai pendapat teman, mau berbagi, mendengarkan dengan sabar pendapat
teman,
Cara
berterima kasih atas bantuan yang diterima,
|
|||||||||||
2.11
Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri
|
Kegiatan
transisi,
Cara
menghadapi situasi berbeda
Cara
menyesuaikan diri dengan cuaca dan kondisi alam.
|
|||||||||||
2.12
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggungjawab
|
Pemahaman
tentang tanggung jawab
Pentingnya
bertanggung jawab
Cara
bertanggung jawab (mau mengakui kesalahan dengan meminta maaf),
Cara
merapihkan/ membereskan mainan pada tempat semula,
mengerjakan
sesuatu hingga tuntas,
mengikuti
aturan yang telah ditetapkan walaupun sekali-kali masih harus diingatkan,
senang
menjalankan kegiatan yang jadi tugasnya (misalnya piket sebagai pemimpin
harus membantu menyiapkan alat makan, dst).
|
|||||||||||
3.13
Mengenal emosi diri dan orang lain
|
Cara
menghadapi orang yang tidak dikenal,
|
|||||||||||
4.13
Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajarr
|
Penyebab
sedih, marah, gembira, kecewa, atau mengerti jika ia menganggu temannya akan
marah, jika ia membantu temannya akan senang, mengendalikan emosi secara
wajar
|
|||||||||||
3.14
Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri
|
Cara
mengungkapkan apa yang dirasakannya (lapar ingin makan, kedinginan memerlukan
baju hangat, perlu payung agar tidak kehujanan, kepanasan, sakit perut perlu
obat),
|
|||||||||||
4.14
Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
Teknik
mengambil makanan sesuai kebutuhan, menggunakan alat main sesuai dengan
gagasan yang dimilikinya,
membuat
karya sesuai dengan gagasannya, dst
|
|||||||||||
Bahasa
|
2.13
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang
tua, pendidik, dan teman
|
Cara
berbicara secara santun, menghargai teman dan orang yang lebih tua usianya
Pemahaman
sikap rendah hati
Contoh
perilaku rendah hati dan santun
|
||||||||||
3.10
Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)
4.10
Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
cara
menjawab dengan tepat ketika ditanya,
cara
merespon dengan tepat saat mendengar cerita atau buku yang dibacakan guru,
melakukan
sesuai yang diminta dengan beberapa perintah,
menceritakan
kembali apa yang sudah didengarnya
|
|||||||||||
3.11
Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
4.11
Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal
dan non verbal)
|
|
|||||||||||
3.12
Mengenal keaksaraan awal melalui bermain
4.12
Menunjukkan
kemampuan
keaksara-an awal dalam berbagai bentuk karya
|
membaca
gambar, membaca symbol,
menjiplak
huruf,
mengenali
huruf awal di namanya, menuliskan huruf-huruf namanya,
|
|||||||||||
Seni
|
2.4
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
|
||||||||||
3.15
Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni
4.15
Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
Membuat
berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis, seni suara, seni
musik, karya tangan dan lainnya
Menampilkan
hasil karya seni
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar