PROGRAM PENGEMBANGAN DAN MUATAN
PEMBELAJARAN KURIKULUM 
TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL
CEPORAN
| 
PROGRAM
   
PENGEMBANGAN | 
KOMPETENSI
  YANG          DICAPAI | 
            MATERI PEMBELAJARAN  | ||||||||||
| 
Nilai
  Agama dan Moral | 
1.1
  Mempercayai adanya Tuhan  
Melalui
  Ciptaannya | 
 | ||||||||||
| 
1.2
  Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa
  syukur kepada Tuhan  | 
 | |||||||||||
| 
2.13
  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur | 
Terbiasa berbicara sesuai fakta, tidak curang
  dalam perkataan dan perbuatan, tidak berbohong, meng-hargai kepemilikan orang
  lain, mengembalikan benda yang bukan haknya, mengerti batasan yang boleh dan
  tidak boleh dilakukan, terus terang, anak senang melakukan sesuatu sesuai
  aturan atau kesepakatan, dan mengakui kelebihan diri atau temannya  | |||||||||||
| 
3.1
  Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari  
4.1.
  Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa  | 
Doa-doa
  (doa sebelum dan sesudah belajar, doa sebelum dan sesudah makan, doa sebelum
  dan bangun tidur, doa untuk kedua orang tua), mengenal hari-hari besar agama,
  hari-hari besar agama, cara ibadah sesuai hari besar agama, tempat ibadah,
  tokoh keagamaan.  | |||||||||||
| 
3.2
  Mengenal perilaku baik sebagai cerminan akhlak mulia  
4.2.
  Menunjukkan periaku santun sebagai cerminan  
akhlak
  mulia  | 
Perilaku
  baik dan santun disesuaikan dengan agama dan adat setempat; misalnya tata
  cara berbicara secara santun, cara berjalan melewati orang tua, cara meminta
  bantuan, cara  
 | |||||||||||
| 
Fisik
  Motorik | 
2.1
  Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat | 
Kebiasaan anak makan makanan bergizi seimbang,
  kebiasaan merawat diri misalnya; mencuci tangan, menggosok gigi, mandi,
  berpakaian bersih,menjaga kebersihan lingkungan misalnya; kebersihan tempat
  belajar dan lingkungan, menjaga kebersihan alat main dan milik pribadi. | ||||||||||
| 
3.3 Mengenal anggota tubuh,
  fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motorik kasar dan motorik halus 
4.3Menggunakan anggota tubuh
  untuk pengembangan motorik kasar dan halus | 
Nama
  anggota tubuh, fungsi anggota tubuh, cara merawat, kebutuhan agar anggota
  tubuh tetap sehat, berbagai gerakan untuk melatih motorik kasar dalam
  kelenturan, kekuatan, kestabilan, keseimbangan, kelincahan, kelenturan,
  koordinasi tubuh.  
Kegiatan
  untuk latihan motorik kasar antara lain merangkak, berjalan, berlari,
  merayap, berjinjit, melompat, meloncat, memanjat, bergelantungan, menendang,
  berguling dengan menggunakan gerakan secara terkontrol, seimbang dan lincah
  dalam menirukan berbagai gerakan yang teratur (misal: menirukan gerakan
  benda, senam, tarian, permainan tradisional, dll).  
Keterampilan
  motorik halus untuk melatih koordinasi mata dan tangan, kelenturan
  pergelangan tangan, kekuatan dan kelenturan jari-jari tangan, melalui
  kegiatan antara lain; meremas, menjumput, meronce, menggunting, menjahit,
  mengancingkan baju, menali sepatu, menggambar, menempel, makan, dll  
Permainan motorik kasar atau halus dengan aturan. | |||||||||||
| 
4,3Mengetahui
  cara hidup sehat 
4.4
  Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat  | 
Cara
  merawat kebersihan diri (misal:  
 | |||||||||||
| 
Kognitif | 
 | 
 | ||||||||||
|  | 
 
4.5
  Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif  | 
Cara
  mengenali masalah,  
Cara
  mengetahui penyebab masalah,  
Cara
  mengatasi masalah,  
Menyelesaikan
  kegiatan dengan berbagai  
cara
  untuk mengatasi masalah.  | ||||||||||
| 
3.6
  Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat,
  suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya)  
4.6
  Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya
  (nama, warna,  
bentuk,
  ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lainnya) melalui
  berbagai hasil karya  | 
bentuk
  dua dimensi (persegi, segi tiga, bulat, segi panjang),  
bentuk
  tiga dimensi (kubus, balok, limas, tabung), ukuran (panjang-pendek,  
besar-kecil,
  berat-ringan, sebentar-lama), bilangan (satuan, puluhan),  
tekstur
  (kasar-halus, keras-lunak),  
suara
  (cepat-lambat, keras-halus, tinggi-rendah),  
pengelompokkan
  (berdasarkan warna,  
 | |||||||||||
| 
3.7
  Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah,
  budaya, transportasi)  
4.7
  Menyajikan berbagai karya yang berhubungan dengan lingkungan sosial
  (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) dalam
  bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh  | 
Keluarga
  (hubungan dalam keluarga, peran, kebiasaan, garis keturunan, dst),  
teman
  (nama, ciri-ciri, kesukaan, tempat tinggal dst),  
 | |||||||||||
| 
3.8Mengenal
  lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) 
4.8
  Menyajikan berbagai karya yang berhubungan  
dengan
  lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) dalam
  bentuk gambar, bercerita, bernyanyi, dan gerak tubuh  | 
Hewan
  , misalnya; jenis (nama, cirri-ciri, bentuk),  
 | |||||||||||
| 
3.9
  Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain,
  peralatan pertukangan, dll) 
4.9
  Menggunakan teknologi sederhana untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya
  (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)  | 
Nama
  benda,  
bagian-bagian
  benda,  
fungsi,
   
 | |||||||||||
| 
Sosial
  emosional | 
2.5
  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri | 
Cara
  memberi salam pada guru atau teman,  
Cara
  untuk berani tampil di depan teman, guru, orang tua dan lingkungan sosial
  lainnya,  
Ara
  menyampaikan keinginan dengan santun. | ||||||||||
| 
2.6
  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk
  melatih kedisiplinan 
2.7
  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau
  mendengar ketika orang lain berbicara) untuk  
melatih
  kedisiplinan  | 
Aturan
  bermain,  
Aturan
  di satuan PAUD  
Cara
  mengatur diri sendiri misalnya membuat jadwal atau garis waktu  
Cara
  mengatur diri sendiri misalnya membuat jadwal atau garis waktu  
Cara
  mengingatkan teman bila bertindak tidak sesuai aturan 
Cara
  menahan diri saat marah,  
Ciri
  diri dan orang lain  
Cara
  antri  
Cara
  menyelesaikan gagasannya hingga tuntas,  
 | |||||||||||
| 
2.8
  Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian 
2.9
  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika
  diminta bantuannya  | 
Pemahaman
  tentang mandiri,  
Perilaku
  mandiri,  
Cara
  merencanakan, memilih, memiliki inisiatif untuk belajar atau melakukan
  sesuatu tanpa harus dibantu atau dengan bantuan seperlunya 
 | |||||||||||
| 
2.10
  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama | 
Perilaku
  anak yang menerima perbedaan teman dengan dirinya,  
Cara
  menghargai karya teman,  
Cara
  menghargai pendapat teman, mau berbagi, mendengarkan dengan sabar pendapat
  teman,  
Cara
  berterima kasih atas bantuan yang diterima, | |||||||||||
| 
2.11
  Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri | 
Kegiatan
  transisi,  
Cara
  menghadapi situasi berbeda  
Cara
  menyesuaikan diri dengan cuaca dan kondisi alam. | |||||||||||
| 
2.12
  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap tanggungjawab | 
Pemahaman
  tentang tanggung jawab  
Pentingnya
  bertanggung jawab  
Cara
  bertanggung jawab (mau mengakui kesalahan dengan meminta maaf),  
Cara
  merapihkan/ membereskan mainan pada tempat semula,  
mengerjakan
  sesuatu hingga tuntas,  
mengikuti
  aturan yang telah ditetapkan walaupun sekali-kali masih harus diingatkan,  
senang
  menjalankan kegiatan yang jadi tugasnya (misalnya piket sebagai pemimpin
  harus membantu menyiapkan alat makan, dst). | |||||||||||
| 
3.13
  Mengenal emosi diri dan orang lain | 
Cara
  menghadapi orang yang tidak dikenal, | |||||||||||
| 
4.13
  Menunjukkan reaksi emosi diri secara wajarr | 
Penyebab
  sedih, marah, gembira, kecewa, atau mengerti jika ia menganggu temannya akan
  marah, jika ia membantu temannya akan senang, mengendalikan emosi secara
  wajar | |||||||||||
| 
3.14
  Mengenali kebutuhan, keinginan, dan minat diri  | 
Cara
  mengungkapkan apa yang dirasakannya (lapar ingin makan, kedinginan memerlukan
  baju hangat, perlu payung agar tidak kehujanan, kepanasan, sakit perut perlu
  obat),  | |||||||||||
| 
4.14
  Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat | 
Teknik
  mengambil makanan sesuai kebutuhan, menggunakan alat main sesuai dengan
  gagasan yang dimilikinya,  
membuat
  karya sesuai dengan gagasannya, dst | |||||||||||
| 
Bahasa | 
2.13
  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap rendah hati dan santun kepada orang
  tua, pendidik, dan teman  | 
Cara
  berbicara secara santun, menghargai teman dan orang yang lebih tua usianya  
Pemahaman
  sikap rendah hati  
Contoh
  perilaku rendah hati dan santun  | ||||||||||
| 
3.10
  Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca)  
4.10
  Menunjukkan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)  | 
cara
  menjawab dengan tepat ketika ditanya,  
cara
  merespon dengan tepat saat mendengar cerita atau buku yang dibacakan guru,  
melakukan
  sesuai yang diminta dengan beberapa perintah,  
menceritakan
  kembali apa yang sudah didengarnya  | |||||||||||
| 
3.11
  Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
   
4.11
  Menunjukkan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal
  dan non verbal)  | 
 | |||||||||||
| 
3.12
  Mengenal keaksaraan awal melalui bermain  
4.12
  Menunjukkan  
kemampuan
  keaksara-an awal dalam berbagai bentuk karya  | 
membaca
  gambar, membaca symbol,  
menjiplak
  huruf,  
mengenali
  huruf awal di namanya, menuliskan huruf-huruf namanya, 
 | |||||||||||
| 
Seni | 
2.4
  Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis  | 
 | ||||||||||
| 
3.15
  Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni  
4.15
  Menunjukkan karya dan aktivitas seni dengan menggunakan berbagai media  | 
Membuat
  berbagai hasil karya dan aktivitas seni gambar dan lukis, seni suara, seni
  musik, karya tangan dan lainnya  
Menampilkan
  hasil karya seni  | |||||||||||
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar