| 
Lingkup Perkembangan | 
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak | |
| 
4-5  Tahun | 
5-6 Tahun | |
| 
1.     
  Nilai Agama
  dan Moral | 
1.     
  Mengetahui
  agama yang dianutnya 
2.     
  Menirukan
  gerakan beribadah dengan urutan yang benar 
3.     
  Mengucapkan
  doa sebelum dan/atau sesudah melakukan sesuatu 
4.     
  Mengenal
  perilaku baik/sopan dan buruk 
5.     
  Membiasakan
  diri berperilaku baik 
6.     
  Mengucapkan
  salam dan membalas salam | 
1.     
  Mengenal agama
  yang dianut 
2.     
  Mengerjakan
  ibadah 
3.     
  Berperilaku
  jujur, penolong, sopan, hormat,, sportif, dsb 
4.     
  Menjaga
  kebersihan diri dan lingkungan 
5.     
  Mengetahui
  hari besar agama 
6.     
  Menghormati
  (toleransi) agama orang lain | 
| 
II. Fisik
  Motorik 
A.    Motorik
  Kasar | 
1.     
  Menirukan
  gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawatterbang dsb 
2.     
  Melakukan
  gerakan menggantung/bergelayut 
3.     
  Melakukan
  gerakan melompat, meloncat dan berlari, secara terkoordinasi 
4.     
  Melempar
  sesuatu secara terarah 
5.     
  Menangkap
  sesuatu secara tepat 
6.     
  Melakukan
  gerakan antisipasi 
7.     
  Menendang
  sesuatu secara terarah 
8.     
  Memanfaatkan
  alat permainan diluar kelas | 
1.     
  Melakukan
  gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan 
2.     
  Keseimbangan,
  dan kelincahan 
3.     
  Melakukan
  permainan fisik dengan aturan 
4.     
  Terampil
  menggunakan tangan kanan dan kiri 
5.     
  Melakukan
  kegiatan kebersihan diri | 
| 
B.    
  Motorik Halus | 
1.     
  Membuat garis
  vertikal, horisontal ,lengkung kanan/kiri, dan lingkaran 
2.     
  Menjiplak
  bentuk  
3.     
  Mengkoordinasikan
  mata, tangan, untuk melakukan gerakan 
  yang rumit 
4.     
  Melakukan
  gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan
  berbagai media  
5.     
  Mengekspresikan
  diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media 
6.     
  Mengontrol
  gerakan tangan yang menggunakan otot halus (menjumput, mengelus, mencolek,
  mengepal, melintir, memilin, memeras) | 
1.     
  Menggambar
  sesuai gagasannya 
2.     
  Meniru bentuk 
3.     
  Melakukan
  eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan 
4.     
  Menggunakan
  alat tulis dan alat makan dengan benar 
5.     
  Menggunting
  sesuai dengan pola 
6.     
  Menempel
  gambar dengan tepat 
7.     
  Mengekspresikan
  diri melalui gerakan menggambar secara rinci | 
| 
C.    
  Kesehatan dan
  Perilaku Keselamatan | 
1.     
  Berat badan
  sesuai tingkat usia 
2.     
  Tinggi badan
  sesuai tingkat usia 
3.     
  Berat badan
  sesuai dengan standar tinggi badan 
4.     
  Lingkar kepala
  sesuai tingkat usia 
5.     
  Menggunakan
  toilet (penggunaan air, membersihkan diri) dengan bantuan minimal 
6.     
  Memahami
  berbagai alarm bahaya (kebakaran, banjir, gempa) 
7.     
  Mengenal rambu
  lalu lintas yang ada dijalan | 
1.     
  Berat badan
  sesuai tingkat usia 
2.     
  Tinggi badan
  sesuai tingkat usia 
3.     
  Berat badan
  sesuai dengan standart tinggi badan 
4.     
  Lingkar kepala
  sesuai tingkat usia 
5.     
  Menutup hidung
  dan mulut(misal : batuk, bersin) 
6.     
  Membersihkan
  dan membereskan tempat bermain 
7.     
  Mengetahui
  situasi yang membahayakan diri 
8.     
  Memahami tata
  cara cara menyebrang 
9.     
  Emngenal
  kebiasaan buruk bagi kesehatan (rokok, minum keras) | 
| 
III. Kognitif 
A.   
  Belajar dan
  Pemecahan Masalah | 
1.     
  Mengenal benda
  berdasarkan fungsi ( pisau utk memoong, pensil untuk menulis) 
2.     
  Menggunakan
  benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil) 
3.     
  Mengenal
  konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang,
  temaram, dsb) 
4.     
  Mengetahui
  konsep banyak dan sedikit 
5.     
  Mengkreasikan
  sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan
  masalah 
6.     
  Mengamati
  benda dan gejala gejala dengan rasa ingin tahu 
7.     
  Mengenal pola
  kegiatan dan menyadari pentingnya waktu 
8.     
  Memahami
  posisi atau kedudukan dalam keluarga, ruang, lingkungan sosial,( misal
  sebagai peserta didik/anak/teman) | 
1.     
  Menunjukkan
  aktifitas yang bersifat eksploratif dan menyelidiki ( seperti : apa yang
  terjadi ketika air ditumpahkan 
2.     
  Memecahkan
  masalah sederhana dalam kehidupan sehari –hari dengan cara yang fleksibel dan
  diterima sosial) 
3.     
  Menerapkan
  pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru 
4.     
  Menunjukkan
  sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah ( ide, gagasan diluar kebiasaan) | 
| 
B.    
  Berfikir Logis | 
1.     
  Mengklasifikasikan
  benda berdasarkan fungsi, bentuk atau warna atau ukuran 
2.     
  Mengenal
  gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya 
3.     
  Mengklasifikasikan
  benda kedalam kelompok yang sejenis atau kelompok yang  berpapasan dengan variasi 
4.     
  Mengenal pola
  (misal,AB-AB dan ABC-ABC) dan mengulanginya 
5.     
  Mengurutkan
  benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna | 
1.     
  Mengenal
  perbedaan berdasarkan ukuran “lebih dari”, “kuarang dari”, “paling/ter”) 
2.     
  Menunjukkan
  inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti : “ayo kita bermain pura-pura
  seperti burung” ) 
3.     
  Menyusun
  perencanaan kegiatan yang akan dilakukan 
4.     
  Mengenal
  sebab-akibat tentang lingkungannya ( angin bertiup menyebabkan daun bergerak,
  air dapat menyebabkan sesuatu dapat basah 
5.     
  Mengklasifikasikan
  benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi) 
6.     
  Mengklasifikasikan
  benda yang lebih banyak kedalam kelompok yang sama atau kelompok yang
  sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih 
  dari 2 variasi 
7.     
  Mengenal pola
  ABCD-ABCD 
8.     
  Mengurutkan
  benda berdasarkan ukuran dari paling kecil kepling
  besar atau sebaliknya | 
| 
C.    
  Berfikr
  Simbolik | 
1.     
  Membilang
  banyak benda satu sampai sebpuluh 
2.     
  Mengenal konsep
  bilangan 
3.     
  Mengenal
  lambang bilangan 
4.     
  Mengenal
  lambang huruf | 
1.     
  Menyebutkan
  lambang bilangan 1-10 
2.     
  Menggunakan
  lambang bilangan untuk menghitung 
3.     
  Mencocokkan
  bilangan dengan lambang bilangan 
4.     
  Mengenal
  berbagai macam lambang huruf  vokal dan
  konsumen 
5.     
  Merepresentasikan
  berbagai macam benda dalam bentuk gambar atau tulisan (ada benda pensil yang
  diikuti tulisan dan gambar pensil) | 
| 
II. Bahasa 
A.    Memahami
  Bahasa | 
1.     
  Menyimak
  perkataan yang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya ) 
2.     
  Mengerti dua
  perintah yang diberikan bersamaan 
3.     
  Memahami
  cerita yang dibacakan  
4.     
  Mengenal
  perbendaharaan kata mengenai mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati,
  berani, baik jelek, dsb) 
5.     
  Mendengar dan
  membedakan bunyi-bunyian dalam bahasa indonesia ( contoh bunyidan ucapan
  harus sama ) | 
1.     
  Mengerti
  beberapa perintah secara bersamaan 
2.     
  Mengulang
  kalimat yang lebih kompleks 
3.     
  Memahami
  aturan dalam suatu aturan 
4.     
  Senang dan
  menghargai bacaan | 
| 
B.    
  Mengungkapkan
  Bahasa | 
1.     
  Mengulang
  kalimat sederhana 
2.     
  Bertanya
  dengan kalimat yang benar 
3.     
  Menjawab
  pertanyaan sesuai pertanyaan 
4.     
  Mengungkapkan
  perasaan dengan kata sifat( baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani
  baik, jelek, dsb ) 
5.     
  Menyebutkan
  kata-kata yang dikenal 
6.     
  Mengutarakan
  pendapat kepada orang lain 
7.     
  Menyatakan
  alsan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan 
8.     
  Menceritakan
  kembali cerita/dongeng yang pernah didengar 
9.     
  Memperkaya
  peebendaharaan kata 
10.  Berpartisipasi
  dalam percakapan | 
1.     
  Menjawab
  pertanyaan yang lebih kompleks 
2.     
  Menyebutkan
  kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama 
3.     
  Berkomunikasi
  secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol
  untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung 
4.     
  Menyusun
  kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kaliamat,
  predikat-keterangan) 
5.     
  Memiliki lebih
  bnyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain 
6.     
  Melanjutkan
  sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan 
7.     
  Menunjukkan
  pemahaman konsep-konsep dalam buku cerita | 
| 
C.    
  Keaksaraan  | 
1.     
  Mengenal
  simbol-simbol 
2.     
  Mengenal
  suara-suara hewan/benda yang ada disekitarnya 
3.     
  Membuat
  coretan yang bermakna 
4.     
  Meniru/menuliskan
  dan mengucapkan huruf A-Z | 
1.     
  Menyebutkan
  simbol-simbol huruf yang dikenal 
2.     
  Mengenal huruf
  awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya 
3.     
  Menyebutkan
  kelompok gambar yang memiliki bunyi atau huruf awl yang sama 
4.     
  Memahami
  hubungan antara bunyi dan bentuk huruf 
5.     
  Membaca nama
  sendiri 
6.     
  Menuliskan
  nama sendiri 
7.     
  Memahami arti
  kata dalam cerita | 
| 
V. 
  Sosial-Emosional 
A.   
  Kesadaran diri | 
1.     
  Menunjukkan
  sikap mandiri dalam memilih kegiatan 
2.     
  Mengendalikan
  perasaan 
3.     
  Menunjukkan
  rasa percaya diri 
4.     
  Memahami
  peraturan dan disiplin 
5.     
  Memiliki sikap
  gigih (tidak mudah menyerah) 
6.     
  Bangga
  terhadap hasil karya sendiri | 
1.     
  Memperlihatkan
  kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi 
2.     
  Memperlihatkan
  kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal (menumbuhkan kepercayaan pada oarang
  dewasa yang tepat) 
3.     
  Mengenal
  perasaan sendiri dan mengelolanya secara wajar (mengendalikan diri secara
  wajar) | 
| 
B.    
  Rasa Tanggung
  Jawab untuk diri sendiri dan orang lain | 
1.     
  Menjaga diri
  sendiri dari lingkungannya 
2.     
  Menghargai
  keunggulan orang lain 
3.     
  Mau berbagi menolong
  dan membantu teman | 
1.     
  Tahu akan
  haknya 
2.     
  Mentaati
  aturan kelas (kegiatan, aturan) 
3.     
  Mengatur diri
  sendiri 
4.     
  Bertanggung
  tjawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri | 
| 
C.    
  Perilaku
  proposionaal  | 
1.     
  Menunjukkan
  antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif 
2.     
  Mentaati
  aturan yang berlaku dalam suatu permainan 
3.     
  Menghargai
  orang lain 
4.     
  Menunjukkan
  rasa empati | 
1.     
  Bermain dengan
  teman sebaya 
2.     
  Mengetahui
  perasaan temannya dan merespon secara wajar 
3.     
  Berbagi dengan
  orang lain 
4.     
  Menghargai
  hak, pendapat,karya orang lain 
5.     
  Menggunakan
  cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah (menggunakan
  pikiran untuk menyelesaikan masalah 
6.     
  Bersikap
  kooperatif dengan teman 
7.     
  Mrnunjukkan
  sikap toleran 
8.     
  Mengekspresikan
  emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang, sedih, antusias, dsb) 
9.     
  Mengenal tata
  krama dan sopan santun | 
| 
VI.Seni 
A.    Anak
  mammpu menikmati berbagai alunan lagu atau suara | 
1.     
  Senang
  mendengarkan berbagai macam musik atau lagu kesukaannya  
2.     
  Memainkan alat
  musik/benda yang dapat membentuk irama yang teratur | 
1.     
  Anak
  bersenandung atau bernyanyi smabil mengerjakan sesuatu 
2.     
  Memainkan alat
  musik/instrumen/ benda bersama teman | 
| 
B.    
  Tertarik
  dengan kegiatan Seni | 
1.     
  Memilih jenis
  lagu yang disukai 
2.     
  Bernyanyi
  sendiri 
3.     
  Menggunakan
  imajinasi untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran 
4.     
  Membedakan
  peran fantasi dan kenyataan 
5.     
  Menggunakan
  dialok, perilaku, dan berbagai materi, dalam menceritakan suatu cerita 
6.     
  Mengekspresikan
  gerakan dengan irama yang bervariasi 
7.     
  Menggambar
  obyek disekitaarnya 
8.     
  Membentuk
  berdasarkan objek yang dilihatnya (misal : dengan plastisin, tanah liat) 
9.     
  Mendeskripsikan
  sesuatu (seperti binatang) dengan ekspresi yang berirama (anak menceritakan
  gajah dengan gerak dan mimik tertentu) 
10.  Mengkombinasikan
  berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai | 
1.     
  Menyanyikan
  lagu dengan sikap yamg benar 
2.     
  Menggunakan
  berbagai macam alat musik tradisional maupun alat musik lain untuk menirukan
  suatu irama atau lagu tertentu 
3.     
  Bermain drama
  sederhana 
4.     
  Menggambar
  berbagai macam bentuk yang beragam 
5.     
  Melukis dengan
  berbagai cara dan objek 
6.     
  Membuat karya
  sepeti bentuk 
7.     
  Sesungguhnya
  dengan berbagai bahan (kertas, plastisin, balok, Dll) | 
CERDAS KREATIF BERKARAKTER KUAT BERPERILAKU ISLAMI BERWAWASAN LINGKUNGAN
Rabu, 27 September 2017
STANDAR ISI TENTANG TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL CEPORAN BERDASARKAN 6 ASPEK LINGKUP PERKEMBANGAN
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar