Lingkup Perkembangan
|
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
|
|
4-5 Tahun
|
5-6 Tahun
|
|
1.
Nilai Agama
dan Moral
|
1.
Mengetahui
agama yang dianutnya
2.
Menirukan
gerakan beribadah dengan urutan yang benar
3.
Mengucapkan
doa sebelum dan/atau sesudah melakukan sesuatu
4.
Mengenal
perilaku baik/sopan dan buruk
5.
Membiasakan
diri berperilaku baik
6.
Mengucapkan
salam dan membalas salam
|
1.
Mengenal agama
yang dianut
2.
Mengerjakan
ibadah
3.
Berperilaku
jujur, penolong, sopan, hormat,, sportif, dsb
4.
Menjaga
kebersihan diri dan lingkungan
5.
Mengetahui
hari besar agama
6.
Menghormati
(toleransi) agama orang lain
|
II. Fisik
Motorik
A. Motorik
Kasar
|
1.
Menirukan
gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawatterbang dsb
2.
Melakukan
gerakan menggantung/bergelayut
3.
Melakukan
gerakan melompat, meloncat dan berlari, secara terkoordinasi
4.
Melempar
sesuatu secara terarah
5.
Menangkap
sesuatu secara tepat
6.
Melakukan
gerakan antisipasi
7.
Menendang
sesuatu secara terarah
8.
Memanfaatkan
alat permainan diluar kelas
|
1.
Melakukan
gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan
2.
Keseimbangan,
dan kelincahan
3.
Melakukan
permainan fisik dengan aturan
4.
Terampil
menggunakan tangan kanan dan kiri
5.
Melakukan
kegiatan kebersihan diri
|
B.
Motorik Halus
|
1.
Membuat garis
vertikal, horisontal ,lengkung kanan/kiri, dan lingkaran
2.
Menjiplak
bentuk
3.
Mengkoordinasikan
mata, tangan, untuk melakukan gerakan
yang rumit
4.
Melakukan
gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan
berbagai media
5.
Mengekspresikan
diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
6.
Mengontrol
gerakan tangan yang menggunakan otot halus (menjumput, mengelus, mencolek,
mengepal, melintir, memilin, memeras)
|
1.
Menggambar
sesuai gagasannya
2.
Meniru bentuk
3.
Melakukan
eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan
4.
Menggunakan
alat tulis dan alat makan dengan benar
5.
Menggunting
sesuai dengan pola
6.
Menempel
gambar dengan tepat
7.
Mengekspresikan
diri melalui gerakan menggambar secara rinci
|
C.
Kesehatan dan
Perilaku Keselamatan
|
1.
Berat badan
sesuai tingkat usia
2.
Tinggi badan
sesuai tingkat usia
3.
Berat badan
sesuai dengan standar tinggi badan
4.
Lingkar kepala
sesuai tingkat usia
5.
Menggunakan
toilet (penggunaan air, membersihkan diri) dengan bantuan minimal
6.
Memahami
berbagai alarm bahaya (kebakaran, banjir, gempa)
7.
Mengenal rambu
lalu lintas yang ada dijalan
|
1.
Berat badan
sesuai tingkat usia
2.
Tinggi badan
sesuai tingkat usia
3.
Berat badan
sesuai dengan standart tinggi badan
4.
Lingkar kepala
sesuai tingkat usia
5.
Menutup hidung
dan mulut(misal : batuk, bersin)
6.
Membersihkan
dan membereskan tempat bermain
7.
Mengetahui
situasi yang membahayakan diri
8.
Memahami tata
cara cara menyebrang
9.
Emngenal
kebiasaan buruk bagi kesehatan (rokok, minum keras)
|
III. Kognitif
A.
Belajar dan
Pemecahan Masalah
|
1.
Mengenal benda
berdasarkan fungsi ( pisau utk memoong, pensil untuk menulis)
2.
Menggunakan
benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
3.
Mengenal
konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang,
temaram, dsb)
4.
Mengetahui
konsep banyak dan sedikit
5.
Mengkreasikan
sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan
masalah
6.
Mengamati
benda dan gejala gejala dengan rasa ingin tahu
7.
Mengenal pola
kegiatan dan menyadari pentingnya waktu
8.
Memahami
posisi atau kedudukan dalam keluarga, ruang, lingkungan sosial,( misal
sebagai peserta didik/anak/teman)
|
1.
Menunjukkan
aktifitas yang bersifat eksploratif dan menyelidiki ( seperti : apa yang
terjadi ketika air ditumpahkan
2.
Memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari –hari dengan cara yang fleksibel dan
diterima sosial)
3.
Menerapkan
pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru
4.
Menunjukkan
sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah ( ide, gagasan diluar kebiasaan)
|
B.
Berfikir Logis
|
1.
Mengklasifikasikan
benda berdasarkan fungsi, bentuk atau warna atau ukuran
2.
Mengenal
gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya
3.
Mengklasifikasikan
benda kedalam kelompok yang sejenis atau kelompok yang berpapasan dengan variasi
4.
Mengenal pola
(misal,AB-AB dan ABC-ABC) dan mengulanginya
5.
Mengurutkan
benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna
|
1.
Mengenal
perbedaan berdasarkan ukuran “lebih dari”, “kuarang dari”, “paling/ter”)
2.
Menunjukkan
inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti : “ayo kita bermain pura-pura
seperti burung” )
3.
Menyusun
perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
4.
Mengenal
sebab-akibat tentang lingkungannya ( angin bertiup menyebabkan daun bergerak,
air dapat menyebabkan sesuatu dapat basah
5.
Mengklasifikasikan
benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi)
6.
Mengklasifikasikan
benda yang lebih banyak kedalam kelompok yang sama atau kelompok yang
sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih
dari 2 variasi
7.
Mengenal pola
ABCD-ABCD
8.
Mengurutkan
benda berdasarkan ukuran dari paling kecil kepling
besar atau sebaliknya
|
C.
Berfikr
Simbolik
|
1.
Membilang
banyak benda satu sampai sebpuluh
2.
Mengenal konsep
bilangan
3.
Mengenal
lambang bilangan
4.
Mengenal
lambang huruf
|
1.
Menyebutkan
lambang bilangan 1-10
2.
Menggunakan
lambang bilangan untuk menghitung
3.
Mencocokkan
bilangan dengan lambang bilangan
4.
Mengenal
berbagai macam lambang huruf vokal dan
konsumen
5.
Merepresentasikan
berbagai macam benda dalam bentuk gambar atau tulisan (ada benda pensil yang
diikuti tulisan dan gambar pensil)
|
II. Bahasa
A. Memahami
Bahasa
|
1.
Menyimak
perkataan yang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya )
2.
Mengerti dua
perintah yang diberikan bersamaan
3.
Memahami
cerita yang dibacakan
4.
Mengenal
perbendaharaan kata mengenai mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati,
berani, baik jelek, dsb)
5.
Mendengar dan
membedakan bunyi-bunyian dalam bahasa indonesia ( contoh bunyidan ucapan
harus sama )
|
1.
Mengerti
beberapa perintah secara bersamaan
2.
Mengulang
kalimat yang lebih kompleks
3.
Memahami
aturan dalam suatu aturan
4.
Senang dan
menghargai bacaan
|
B.
Mengungkapkan
Bahasa
|
1.
Mengulang
kalimat sederhana
2.
Bertanya
dengan kalimat yang benar
3.
Menjawab
pertanyaan sesuai pertanyaan
4.
Mengungkapkan
perasaan dengan kata sifat( baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani
baik, jelek, dsb )
5.
Menyebutkan
kata-kata yang dikenal
6.
Mengutarakan
pendapat kepada orang lain
7.
Menyatakan
alsan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
8.
Menceritakan
kembali cerita/dongeng yang pernah didengar
9.
Memperkaya
peebendaharaan kata
10. Berpartisipasi
dalam percakapan
|
1.
Menjawab
pertanyaan yang lebih kompleks
2.
Menyebutkan
kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
3.
Berkomunikasi
secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol
untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
4.
Menyusun
kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kaliamat,
predikat-keterangan)
5.
Memiliki lebih
bnyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain
6.
Melanjutkan
sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
7.
Menunjukkan
pemahaman konsep-konsep dalam buku cerita
|
C.
Keaksaraan
|
1.
Mengenal
simbol-simbol
2.
Mengenal
suara-suara hewan/benda yang ada disekitarnya
3.
Membuat
coretan yang bermakna
4.
Meniru/menuliskan
dan mengucapkan huruf A-Z
|
1.
Menyebutkan
simbol-simbol huruf yang dikenal
2.
Mengenal huruf
awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya
3.
Menyebutkan
kelompok gambar yang memiliki bunyi atau huruf awl yang sama
4.
Memahami
hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
5.
Membaca nama
sendiri
6.
Menuliskan
nama sendiri
7.
Memahami arti
kata dalam cerita
|
V.
Sosial-Emosional
A.
Kesadaran diri
|
1.
Menunjukkan
sikap mandiri dalam memilih kegiatan
2.
Mengendalikan
perasaan
3.
Menunjukkan
rasa percaya diri
4.
Memahami
peraturan dan disiplin
5.
Memiliki sikap
gigih (tidak mudah menyerah)
6.
Bangga
terhadap hasil karya sendiri
|
1.
Memperlihatkan
kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi
2.
Memperlihatkan
kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal (menumbuhkan kepercayaan pada oarang
dewasa yang tepat)
3.
Mengenal
perasaan sendiri dan mengelolanya secara wajar (mengendalikan diri secara
wajar)
|
B.
Rasa Tanggung
Jawab untuk diri sendiri dan orang lain
|
1.
Menjaga diri
sendiri dari lingkungannya
2.
Menghargai
keunggulan orang lain
3.
Mau berbagi menolong
dan membantu teman
|
1.
Tahu akan
haknya
2.
Mentaati
aturan kelas (kegiatan, aturan)
3.
Mengatur diri
sendiri
4.
Bertanggung
tjawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri
|
C.
Perilaku
proposionaal
|
1.
Menunjukkan
antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif
2.
Mentaati
aturan yang berlaku dalam suatu permainan
3.
Menghargai
orang lain
4.
Menunjukkan
rasa empati
|
1.
Bermain dengan
teman sebaya
2.
Mengetahui
perasaan temannya dan merespon secara wajar
3.
Berbagi dengan
orang lain
4.
Menghargai
hak, pendapat,karya orang lain
5.
Menggunakan
cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah (menggunakan
pikiran untuk menyelesaikan masalah
6.
Bersikap
kooperatif dengan teman
7.
Mrnunjukkan
sikap toleran
8.
Mengekspresikan
emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang, sedih, antusias, dsb)
9.
Mengenal tata
krama dan sopan santun
|
VI.Seni
A. Anak
mammpu menikmati berbagai alunan lagu atau suara
|
1.
Senang
mendengarkan berbagai macam musik atau lagu kesukaannya
2.
Memainkan alat
musik/benda yang dapat membentuk irama yang teratur
|
1.
Anak
bersenandung atau bernyanyi smabil mengerjakan sesuatu
2.
Memainkan alat
musik/instrumen/ benda bersama teman
|
B.
Tertarik
dengan kegiatan Seni
|
1.
Memilih jenis
lagu yang disukai
2.
Bernyanyi
sendiri
3.
Menggunakan
imajinasi untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran
4.
Membedakan
peran fantasi dan kenyataan
5.
Menggunakan
dialok, perilaku, dan berbagai materi, dalam menceritakan suatu cerita
6.
Mengekspresikan
gerakan dengan irama yang bervariasi
7.
Menggambar
obyek disekitaarnya
8.
Membentuk
berdasarkan objek yang dilihatnya (misal : dengan plastisin, tanah liat)
9.
Mendeskripsikan
sesuatu (seperti binatang) dengan ekspresi yang berirama (anak menceritakan
gajah dengan gerak dan mimik tertentu)
10. Mengkombinasikan
berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai
|
1.
Menyanyikan
lagu dengan sikap yamg benar
2.
Menggunakan
berbagai macam alat musik tradisional maupun alat musik lain untuk menirukan
suatu irama atau lagu tertentu
3.
Bermain drama
sederhana
4.
Menggambar
berbagai macam bentuk yang beragam
5.
Melukis dengan
berbagai cara dan objek
6.
Membuat karya
sepeti bentuk
7.
Sesungguhnya
dengan berbagai bahan (kertas, plastisin, balok, Dll)
|
CERDAS KREATIF BERKARAKTER KUAT BERPERILAKU ISLAMI BERWAWASAN LINGKUNGAN
Rabu, 27 September 2017
STANDAR ISI TENTANG TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL CEPORAN BERDASARKAN 6 ASPEK LINGKUP PERKEMBANGAN
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar