Rabu, 27 September 2017

STANDAR ISI TENTANG TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL CEPORAN BERDASARKAN 6 ASPEK LINGKUP PERKEMBANGAN

Lingkup Perkembangan
Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak
4-5  Tahun
5-6 Tahun
1.      Nilai Agama dan Moral
1.      Mengetahui agama yang dianutnya
2.      Menirukan gerakan beribadah dengan urutan yang benar
3.      Mengucapkan doa sebelum dan/atau sesudah melakukan sesuatu
4.      Mengenal perilaku baik/sopan dan buruk
5.      Membiasakan diri berperilaku baik
6.      Mengucapkan salam dan membalas salam


1.      Mengenal agama yang dianut
2.      Mengerjakan ibadah
3.      Berperilaku jujur, penolong, sopan, hormat,, sportif, dsb
4.      Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
5.      Mengetahui hari besar agama
6.      Menghormati (toleransi) agama orang lain
II. Fisik Motorik
A.    Motorik Kasar

1.      Menirukan gerakan binatang, pohon tertiup angin, pesawatterbang dsb
2.      Melakukan gerakan menggantung/bergelayut
3.      Melakukan gerakan melompat, meloncat dan berlari, secara terkoordinasi
4.      Melempar sesuatu secara terarah
5.      Menangkap sesuatu secara tepat
6.      Melakukan gerakan antisipasi
7.      Menendang sesuatu secara terarah
8.      Memanfaatkan alat permainan diluar kelas



1.      Melakukan gerakan tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan
2.      Keseimbangan, dan kelincahan
3.      Melakukan permainan fisik dengan aturan
4.      Terampil menggunakan tangan kanan dan kiri
5.      Melakukan kegiatan kebersihan diri

B.     Motorik Halus

1.      Membuat garis vertikal, horisontal ,lengkung kanan/kiri, dan lingkaran
2.      Menjiplak bentuk
3.      Mengkoordinasikan mata, tangan, untuk melakukan gerakan  yang rumit
4.      Melakukan gerakan manipulatif untuk menghasilkan suatu bentuk dengan menggunakan berbagai media
5.      Mengekspresikan diri dengan berkarya seni menggunakan berbagai media
6.      Mengontrol gerakan tangan yang menggunakan otot halus (menjumput, mengelus, mencolek, mengepal, melintir, memilin, memeras)



1.      Menggambar sesuai gagasannya
2.      Meniru bentuk
3.      Melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan
4.      Menggunakan alat tulis dan alat makan dengan benar
5.      Menggunting sesuai dengan pola
6.      Menempel gambar dengan tepat
7.      Mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara rinci

C.     Kesehatan dan Perilaku Keselamatan

1.      Berat badan sesuai tingkat usia
2.      Tinggi badan sesuai tingkat usia
3.      Berat badan sesuai dengan standar tinggi badan
4.      Lingkar kepala sesuai tingkat usia
5.      Menggunakan toilet (penggunaan air, membersihkan diri) dengan bantuan minimal
6.      Memahami berbagai alarm bahaya (kebakaran, banjir, gempa)
7.      Mengenal rambu lalu lintas yang ada dijalan


1.      Berat badan sesuai tingkat usia
2.      Tinggi badan sesuai tingkat usia
3.      Berat badan sesuai dengan standart tinggi badan
4.      Lingkar kepala sesuai tingkat usia
5.      Menutup hidung dan mulut(misal : batuk, bersin)
6.      Membersihkan dan membereskan tempat bermain
7.      Mengetahui situasi yang membahayakan diri
8.      Memahami tata cara cara menyebrang
9.      Emngenal kebiasaan buruk bagi kesehatan (rokok, minum keras)

III. Kognitif
A.    Belajar dan Pemecahan Masalah


1.      Mengenal benda berdasarkan fungsi ( pisau utk memoong, pensil untuk menulis)
2.      Menggunakan benda-benda sebagai permainan simbolik (kursi sebagai mobil)
3.      Mengenal konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari (gerimis, hujan, gelap, terang, temaram, dsb)
4.      Mengetahui konsep banyak dan sedikit
5.      Mengkreasikan sesuatu sesuai dengan idenya sendiri yang terkait dengan berbagai pemecahan masalah
6.      Mengamati benda dan gejala gejala dengan rasa ingin tahu
7.      Mengenal pola kegiatan dan menyadari pentingnya waktu
8.      Memahami posisi atau kedudukan dalam keluarga, ruang, lingkungan sosial,( misal sebagai peserta didik/anak/teman)



1.      Menunjukkan aktifitas yang bersifat eksploratif dan menyelidiki ( seperti : apa yang terjadi ketika air ditumpahkan
2.      Memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari –hari dengan cara yang fleksibel dan diterima sosial)
3.      Menerapkan pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru
4.      Menunjukkan sikap kreatif dalam menyelesaikan masalah ( ide, gagasan diluar kebiasaan)


B.     Berfikir Logis

1.      Mengklasifikasikan benda berdasarkan fungsi, bentuk atau warna atau ukuran
2.      Mengenal gejala sebab-akibat yang terkait dengan dirinya
3.      Mengklasifikasikan benda kedalam kelompok yang sejenis atau kelompok yang  berpapasan dengan variasi
4.      Mengenal pola (misal,AB-AB dan ABC-ABC) dan mengulanginya
5.      Mengurutkan benda berdasarkan 5 seriasi ukuran atau warna

1.      Mengenal perbedaan berdasarkan ukuran “lebih dari”, “kuarang dari”, “paling/ter”)
2.      Menunjukkan inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti : “ayo kita bermain pura-pura seperti burung” )
3.      Menyusun perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
4.      Mengenal sebab-akibat tentang lingkungannya ( angin bertiup menyebabkan daun bergerak, air dapat menyebabkan sesuatu dapat basah
5.      Mengklasifikasikan benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi)
6.      Mengklasifikasikan benda yang lebih banyak kedalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis, atau kelompok berpasangan yang lebih  dari 2 variasi
7.      Mengenal pola ABCD-ABCD
8.      Mengurutkan benda berdasarkan ukuran dari paling kecil kepling besar atau sebaliknya





C.     Berfikr Simbolik

1.      Membilang banyak benda satu sampai sebpuluh
2.      Mengenal konsep bilangan
3.      Mengenal lambang bilangan
4.      Mengenal lambang huruf

1.      Menyebutkan lambang bilangan 1-10
2.      Menggunakan lambang bilangan untuk menghitung
3.      Mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan
4.      Mengenal berbagai macam lambang huruf  vokal dan konsumen
5.      Merepresentasikan berbagai macam benda dalam bentuk gambar atau tulisan (ada benda pensil yang diikuti tulisan dan gambar pensil)




II. Bahasa
A.    Memahami Bahasa

1.      Menyimak perkataan yang lain (bahasa ibu atau bahasa lainnya )
2.      Mengerti dua perintah yang diberikan bersamaan
3.      Memahami cerita yang dibacakan
4.      Mengenal perbendaharaan kata mengenai mengenai kata sifat (nakal, pelit, baik hati, berani, baik jelek, dsb)
5.      Mendengar dan membedakan bunyi-bunyian dalam bahasa indonesia ( contoh bunyidan ucapan harus sama )




1.      Mengerti beberapa perintah secara bersamaan
2.      Mengulang kalimat yang lebih kompleks
3.      Memahami aturan dalam suatu aturan
4.      Senang dan menghargai bacaan
B.     Mengungkapkan Bahasa
1.      Mengulang kalimat sederhana
2.      Bertanya dengan kalimat yang benar
3.      Menjawab pertanyaan sesuai pertanyaan
4.      Mengungkapkan perasaan dengan kata sifat( baik, senang, nakal, pelit, baik hati, berani baik, jelek, dsb )
5.      Menyebutkan kata-kata yang dikenal
6.      Mengutarakan pendapat kepada orang lain
7.      Menyatakan alsan terhadap sesuatu yang diinginkan atau ketidaksetujuan
8.      Menceritakan kembali cerita/dongeng yang pernah didengar
9.      Memperkaya peebendaharaan kata
10.  Berpartisipasi dalam percakapan

1.      Menjawab pertanyaan yang lebih kompleks
2.      Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
3.      Berkomunikasi secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk persiapan membaca, menulis dan berhitung
4.      Menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap (pokok kaliamat, predikat-keterangan)
5.      Memiliki lebih bnyak kata-kata untuk mengekspresikan ide pada orang lain
6.      Melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
7.      Menunjukkan pemahaman konsep-konsep dalam buku cerita
C.     Keaksaraan
1.      Mengenal simbol-simbol
2.      Mengenal suara-suara hewan/benda yang ada disekitarnya
3.      Membuat coretan yang bermakna
4.      Meniru/menuliskan dan mengucapkan huruf A-Z

1.      Menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal
2.      Mengenal huruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya
3.      Menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi atau huruf awl yang sama
4.      Memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
5.      Membaca nama sendiri
6.      Menuliskan nama sendiri
7.      Memahami arti kata dalam cerita

V.  Sosial-Emosional
A.    Kesadaran diri

1.      Menunjukkan sikap mandiri dalam memilih kegiatan
2.      Mengendalikan perasaan
3.      Menunjukkan rasa percaya diri
4.      Memahami peraturan dan disiplin
5.      Memiliki sikap gigih (tidak mudah menyerah)
6.      Bangga terhadap hasil karya sendiri



1.      Memperlihatkan kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi
2.      Memperlihatkan kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal (menumbuhkan kepercayaan pada oarang dewasa yang tepat)
3.      Mengenal perasaan sendiri dan mengelolanya secara wajar (mengendalikan diri secara wajar)
B.     Rasa Tanggung Jawab untuk diri sendiri dan orang lain
1.      Menjaga diri sendiri dari lingkungannya
2.      Menghargai keunggulan orang lain
3.      Mau berbagi menolong dan membantu teman

1.      Tahu akan haknya
2.      Mentaati aturan kelas (kegiatan, aturan)
3.      Mengatur diri sendiri
4.      Bertanggung tjawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri

C.     Perilaku proposionaal
1.      Menunjukkan antusiasme dalam melakukan permainan kompetitif secara positif
2.      Mentaati aturan yang berlaku dalam suatu permainan
3.      Menghargai orang lain
4.      Menunjukkan rasa empati
1.      Bermain dengan teman sebaya
2.      Mengetahui perasaan temannya dan merespon secara wajar
3.      Berbagi dengan orang lain
4.      Menghargai hak, pendapat,karya orang lain
5.      Menggunakan cara yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah (menggunakan pikiran untuk menyelesaikan masalah
6.      Bersikap kooperatif dengan teman
7.      Mrnunjukkan sikap toleran
8.      Mengekspresikan emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang, sedih, antusias, dsb)
9.      Mengenal tata krama dan sopan santun




VI.Seni
A.    Anak mammpu menikmati berbagai alunan lagu atau suara




1.      Senang mendengarkan berbagai macam musik atau lagu kesukaannya
2.      Memainkan alat musik/benda yang dapat membentuk irama yang teratur



1.      Anak bersenandung atau bernyanyi smabil mengerjakan sesuatu
2.      Memainkan alat musik/instrumen/ benda bersama teman

B.     Tertarik dengan kegiatan Seni

1.      Memilih jenis lagu yang disukai
2.      Bernyanyi sendiri
3.      Menggunakan imajinasi untuk mencerminkan perasaan dalam sebuah peran
4.      Membedakan peran fantasi dan kenyataan
5.      Menggunakan dialok, perilaku, dan berbagai materi, dalam menceritakan suatu cerita
6.      Mengekspresikan gerakan dengan irama yang bervariasi
7.      Menggambar obyek disekitaarnya
8.      Membentuk berdasarkan objek yang dilihatnya (misal : dengan plastisin, tanah liat)
9.      Mendeskripsikan sesuatu (seperti binatang) dengan ekspresi yang berirama (anak menceritakan gajah dengan gerak dan mimik tertentu)
10.  Mengkombinasikan berbagai warna ketika menggambar atau mewarnai

1.      Menyanyikan lagu dengan sikap yamg benar
2.      Menggunakan berbagai macam alat musik tradisional maupun alat musik lain untuk menirukan suatu irama atau lagu tertentu
3.      Bermain drama sederhana
4.      Menggambar berbagai macam bentuk yang beragam
5.      Melukis dengan berbagai cara dan objek
6.      Membuat karya sepeti bentuk
7.      Sesungguhnya dengan berbagai bahan (kertas, plastisin, balok, Dll)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar