STANDAR
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN ANAK (STPPA) PAUD KURIKULUM 2013 TK AISYIYAH
BUSTANUL ATHFAL CEPORAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018
BERDASAR PERMENDIKBUD NO 137
TAHUN 2014 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
TINGKAT PENCAPAIAN PERKEMBANGAN
ANAK USIA 5-6 TAHUN
I.
NILAI-NILAI
AGAMA DAN MORAL
1.
Mengenal agama
yang dianut
2.
Mengerjakan
ibadah
3.
Berperilaku
jujur, penolong, sopan, hormat, sportif, dsb
4.
Menjaga
kebersihan diri dan lingkungan
5.
Mengetahui hari
besar agama
6.
Menghormati
(toleransi) agama orang lain
II.
FISIK MOTORIK
A.
Motorik Kasar
1.
Melakukan gerakan
tubuh secara terkoordinasi untuk melatih kelenturan, keseimbangan, dan
kelincahan
2.
Melakukan
koordinasi gerakan mata-kaki-tangan-kepala dalam menirukan tarian atau senam
3.
Melakukan
permainan fisik dengan aturan
4.
Terampil
menggunakan tangan kanan dan kiri
5.
Melakukan
kegiatan kebersihan diri
B.
Motorik Halus
1.
Menggambar
sesuai gagasannya
2.
Meniru bentuk
3.
Melakukan
eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan
4.
Menggunakan alat
tulis dan alat makan dengan benar
5.
Menggunting
sesuai dengan pola
6.
Menempel gambar
dengan tepat
7.
Mengekspresikan
diri melalui gerakan menggambar secara rinci
C.
Kesehatan dan
Perilaku Keselamatan
1.
Berat badan
sesuai tingkat usia
2.
Tinggi badan
sesuai standar usia
3.
Berat badan
sesuai dengan standar tinggi badan
4.
Lingkar kepala
sesuai tingkat usia
5.
Menutup hidung
dan mulut (misal, ketika batuk dan bersin)
6.
Membersihkan,
dan membereskan tempat bermain
7.
Mengetahui
situasi yang membahayakan diri
8.
Memahami tata
cara menyebrang
9.
Mengenal
kebiasaan buruk bagi kesehatan (rokok, minuman keras)
III.
IIIKOGNITIF
A.
Belajar dan Pemecahan
Masalah
1.
Menunjukkan
aktivitas yang bersifat eksploratif dan menyelidik (seperti: apa yang terjadi
ketika air ditumpahkan)
2.
Memecahkan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan cara yang fleksibel dan
diterima sosial
3.
Menerapkan
pengetahuan atau pengalaman dalam konteks yang baru
4.
Menunjukkan
sikap kreatif dalam menyelesaikan
masalah (ide, gagasan di luar kebiasaan)
B.
Berpikir Logis
1.
Mengenal
perbedaan berdasarkan ukuran: “lebih dari”; “kurang dari”; dan “paling/ter”
2.
Menunjukkan
inisiatif dalam memilih tema permainan (seperti: ”ayo kita bermain pura-pura seperti burung”)
3.
Menyusun
perencanaan kegiatan yang akan dilakukan
4.
Mengenal
sebab-akibat tentang lingkungannya (angin bertiup menyebabkan daun bergerak,
air dapat menyebabkan sesuatu menjadi basah)
5.
Mengklasifikasikan
benda berdasarkan warna, bentuk, dan ukuran (3 variasi)
6.
Mengklasifikasikan
benda yang lebih banyak ke dalam kelompok yang sama atau kelompok yang sejenis,
atau kelompok berpasangan yang lebih dari 2 variasi
7.
Mengenal pola
ABCD-ABCD
8.
Mengurutkan
benda berdasarkan ukuran dari paling kecil ke paling besar atau sebaliknya
C.
Berpikir
Simbolik
1.
Menyebutkan
lambang bilangan 1-10
2.
Menggunakan
lambang bilangan untuk menghitung
3.
Mencocokkan
bilangan dengan lambang bilangan
4.
Mengenal
berbagai macam lambang huruf vokal dan konsonan
5.
Merepresentasikan
berbagai macam benda dalam bentuk gambar
atau tulisan (ada benda pensil yang diikuti tulisan dan gambar pensil)
IV.
BAHASA
A. Memahami Bahasa
1.
Mengerti
beberapa perintah secara bersamaan
2.
Mengulang
kalimat yang lebih kompleks
3.
Memahami aturan
dalam suatu permainan
4.
Senang dan
menghargai bacaan
B. Mengungkapkan Bahasa
1.
Menjawab
pertanyaan yang lebih kompleks
2.
Menyebutkan
kelompok gambar yang memiliki bunyi yang sama
3.
Berkomunikasi
secara lisan, memiliki perbendaharaan kata, serta mengenal simbol-simbol untuk
persiapan membaca, menulis dan berhitung
4.
Menyusun kalimat
sederhana dalam struktur lengkap (pokok kalimat-predikat-keterangan)
5.
Memiliki lebih
banyak kata-kata untuk mengekpresikan ide pada orang lain
6.
Melanjutkan
sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan
7.
Menunjukkkan
pemahaman konsep-konsep dalam buku cerita
C. Keaksaraan
1.
Menyebutkan
simbol-simbol huruf yang dikenal
2.
Mengenal suara
huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya
3.
Menyebutkan
kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama.
4.
Memahami
hubungan antara bunyi dan bentuk huruf
5.
Membaca nama
sendiri
6.
Menuliskan nama
sendiri
7.
Memahami arti
kata dalam cerita
V.
SOSIAL
EMOSIONAL
A. Kesadaran Diri
1.
Memperlihatkan
kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan situasi
2.
Memperlihatkan
kehati-hatian kepada orang yang belum dikenal (menumbuhkan kepercayaan pada
orang dewasa yang tepat)
3.
Mengenal
perasaan sendiri dan mengelolanya secara wajar (mengendalikan diri secara
wajar)
B. Rasa Tanggungjawab Diri Sendiri dan Orang
lain
1.
Tahu akan hak
nya
2.
Mentaati aturan
kelas (kegiatan, aturan)
3.
Mengatur diri
sendiri
4.
Bertanggung
jawab atas perilakunya untuk kebaikan diri sendiri
C. Perilaku Prososial
1.
Bermain dengan
teman sebaya
2.
Mengetahui
perasaan temannya dan merespon secara wajar
3.
Berbagi dengan
orang lain
4.
Menghargai
hak/pendapat/karya orang lain
5.
Menggunakan cara
yang diterima secara sosial dalam menyelesaikan masalah (menggunakan fikiran
untuk menyelesaikan masalah)
6.
Bersikap
kooperatif dengan teman
7.
Menunjukkan
sikap toleran
8.
Mengekspresikan
emosi yang sesuai dengan kondisi yang ada (senang-sedih-antusias dsb)
9.
Mengenal tata
krama dan sopan santun sesuai dengan nilai sosial budaya setempat
VI.
SENI
A. Anak mampu menikmati berbagai alunan
lagu atau suara
1.
Anak
bersenandung atau bernyanyi sambil mengerjakan sesuatu
2.
Memainkan alat
musik/instrumen/benda bersama teman
B. Tertarik dengan kegiatan seni
1.
Menyanyikan lagu
dengan sikap yang benar
2.
Menggunakan
berbagai macam alat musik tradisional maupun alat musik lain untuk menirukan
suatu irama atau lagu tertentu
3.
Bermain drama
sederhana
4.
Menggambar
berbagai macam bentuk yang beragam
5.
Melukis dengan
berbagai cara dan objek
6.
Membuat karya
seperti bentuk sesungguhnya dengan berbagai bahan (kertas, plastisin, balok,
dll)
Karanganyar, 10 Juli 2017
Mengetahui
Guru Kelompok B
Kepala TK Aisyiyah Bustanul Athfal
Ceporan
Tri Suparni, S.Pd
Wulansari Nurul Amanah, S.Pd
NIP 196110051983032015
Mengetahui
Pengawas TK
Sularsini,SPd,MPd
NIP.196303091986012003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar